Senin, 09 April 2012

Perang Browser antara CHROME 18, RIREFOX 11,SAFARI 5,IE 9 dan OPERA 11

Perang Browser, Siapa Yang Tercepat? – Kali ini Yodha bagikan info dari pengujian Browser: Chrome 18, Firefox 11, Safari 5, IE9, Opera 11, Lalu Siapa Yang Tercepat? Saat ini terdapat 5 browser yang paling populer di kalangan pengguna komputer atau Mac, mereka adalah Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari dan Opera.
Perang Browser
Perang Browser
Beberapa waktu lalu sempat diberitakan bahwa Google Chrome telah mengalahkan pasar Internet Explorer meski masih diperdebatkan. Google Chrome sendiri kini telah mencapai versi 18.
Firefox, browser open source besutan Mozilla ini telah populer dikalangan pengguna Windows, Mac maupun Linux kini telah mencapai rilis Firefox 11.
Apple Safari dan Opera meski browser ini masih kalah populer dengan 3 browser diatas, namun Apple Safari adalah browser idola pengguna Apple Macintosh, sedangkan Opera sendiri memiliki banyak inovasi fitur pada browsernya.
Banyak pengguna internet bertanya-tanya, manakah yang tercepat diantara mereka? ZDNet melakukan benchmark atau pengujian terhadap Chrome 18, Internet Explorer 9, Firefox 11, Safari 5 dan Opera 11.
ZDnet melakukan pengujian menggunakan sebuah komputer bertenaga Intel Core2 Quad Q9300 2,5GHz, 4GB RAM, Grafis Nvidia GeForce GTX 260 dengan sistem operasi Windows 7 x64. Bagaimana hasil pengujian yang dilakukan? Simak grafik berikut :
SunSpider JavaScript
SunSpider JavaScript
Hasil pengujian menggunakan software SunSpider JavaScript 0.9.1 (lebih kecil lebih baik) menunjukan Internet Explorer 9 memimpin, disusul Firefox 10 kemudian Chrome 17 dan Chrome 18, kemudian Firefox 11 dan Opera 11 sementara Safari 5 menempati posisi paling bawah.
SunSpider adalah software penguji kecepatan eksekusi JavaScript yang dikembangkan oleh tim WebKit Apple. Anehnya, meski dikembangkan oleh tim Apple, namun browser Apple Safari malah menempati posisi terakhir.
V8 Benchmark
V8 Benchmark
Pada pengujian menggunakan software V8 (lebih besar lebih baik), Chrome 18 memimpin disusul Firefox 11, Opera 11 dan Safari 5, Internet Explorer 9 menduduki posisi paling buncit.
V8 adalah software penguji eksekusi JavaScript yang dikembangkan oleh tim Google.
Pengujian berikutnya menggunakan Peacekeeper (lebih besar lebih baik), software ini tidak hanya menguji kecepatan eksekusi JavaScript, namun kinerja browser secara keseluruhan.
Peacekeeper Benchmark
Peacekeeper Benchmark
Hasil pengujian menggunakan Peacekeeper diluar dugaan, Chrome 17 mangelahkan Chrome 18, Firefox 10 mengalahkan Firefox 11, dan lagi-lagi Internet Explorer 9 menempati posisi juru kunci.
Pengujian terakhir menggunakan software Kraken 1.1 (lebih kecil lebih baik), Kraken adalah software penguji eksekusi JavaScript yang dikembangkan oleh Mozilla.
Kraken Benchmark
Kraken Benchmark
Hasil pengujian menggunakan software Kraken, Chrome menunjukan keperkasaanya di posisi pertama, disusul Firefox 11, Opera 11 dan Apple Safari 5, Internet Explorer 9 kembali menghuni posisi juru kunci.
Secara umum, pengujian yang dilakukan ZDnet ini dimenangkan oleh browser besutan Google, Chrome 18. Posisi paling bawah ditempati oleh Internet Explorer 9. Firefox 11 dan Opera 11 menunjukan kinerja yang cukup memuaskan. Safari 5 juga kinerja yang cukup cepat.

0 komentar:

Posting Komentar